Home GalleryKegiatan eltartil DAURAH QUR’AN di CABANG MATARAM

DAURAH QUR’AN di CABANG MATARAM

by admineltartil

Untuk kesekian kalinya, Lembaga Bimbingan Qur’an el-Tartiil Cabang Mataram mengadakan Daurah Qur’an. Daurah ini diselenggarakan selama 4 ( empat ) hari dari tanggal 25 Agustus 2016 sampai dengan 28 Agustus 2016. Daurah ini ditujukan untuk meng-up grade guru lama dan pelatihan untuk guru – guru baru yang baru saja terekrut.
Daurah untuk guru lama di isi oleh ust. M.Nur Khozin, Lc, M.H.I selama 4 hari berturut – turut dimulai dari jam 08.00 sampai jam 20.00. Adapun materi yang disampaiakan ada 2 ( dua ) yaitu :
1. Tuhfatul Athfal
2. Teori dan talaqqi Qur’an Qiro’ah Hafs dari Asim jalur Thoyyibatun-Nasyr
Daurah untuk guru baru di isi oleh ust. Saiful Amin, Lc selama 4 hari berturut – turut dari jam 13.00 sampai 20.00. Daurah di awali dengan pemaparan tentang pentingnya talqiin talaqqi qur’an, pengetahuan tentang sanad dilanjutkan dengan pelatihan menggunakan modul el-Tartiil. Stelah selesai peltihan, para guru baru ini diberi kesempatan untuk mencoba mempraktekan cara mengajar dan di evaluasi satu persatu. Diakhir pelatihan, ust, Khozin menambahkan pemaparan silabus dan metodologi pengajaran sebagai panduan dalam proses belajar mengajar dengan peserta. Agenda daurah ditutup dengan tausiyah dan motivasi serta do’a.
Kehadiran ust. Nur Khozin ke Mataram ini juga dimanfaatkan oleh pengurus cabang, untuk memberikan motivasi sekaligus memperkenalkan beliau kepada para peserta dan masyarakat sekitar dengan mengadakan tabligh. Dan alhamdulillah peserta cukup antusias mengikuti acara tabligh ini. Dalam tausiyahnya yang diberi judul “cinta yang tertukar” beliau memaparkan bahwa saat ini banyak diantara umat islam yang lebih mengutamakan kecintaannya kepada dunia dari pada kecintaannya pada Allah SWT dan RasulNya. Oleh karena itu beliau mengingatkan supaya menempatkan kembali kecintaan tersebut sebagaimana yang di ajarkan dalam islam.
Zainal Abidin, salah seorang peserta pelatihan, menyatakan bahwa agenda pelatihan yang diadakan ini sangat bermanfaat dan berharap bisa diadakan rutin setiap tahunnya, meskipun talaqqi/tahfidz sebenarnya tetap berjalan setiap pekannya dengan ust. Saiful Amin melalui telepon.(YS)

 

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.