Home El Tartil Peduli

El Tartil Peduli

by hartanto saad

APA ITU EL TARTIL FILANTROPI ?

#PanjangUmurAmal

El Tartil Filantropi adalah divisi dibawah Yayasan El Tartil Indonesia yang bergerak dalam pengelolaan dana Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF). Sebagai divisi yang memiliki peran sebagai Lembaga kemanusiaan, El Tartil Filantropi memiliki fokus utama yaitu memfasilitasi & mendorong dampak pengembangan pendidikan dengan nilai nilai Al Quran. Untuk mencapai tujuan itu El Tartil Filantropi juga turut berperan aktif dalam melahirkan program – program Sosial Kemanusiaan, Ekonomi, Lingkungan, Manajemen kebencanaan dan sigap bencana.

Kantor El Tartil Filantropi berlokasi di Jati Mulya, Tambun Selatan, Bekasi. Inisiasi kelahiran divisi Filantropi digagas oleh Yayasan El Tartil Indonesia yang berdiri sejak tanggal 1 April 2010. Dengan budaya kerja yang aktif, terpercaya dan kolaborasi, El Tartil Filantropi selalu berusaha untuk berkembang menjadi lembaga ZISWAF yang terpercaya dan professional.

Undang – undang Zakat Indonesia mengharuskan lembaga zakat sebagai bagian dari organisasi kemasyarakatan atau lembaga berbadan hukum. Maka pada tanggal 17 Mei 2023, dilakukan penandatanganan MOU (Memorandum of Understanding) antara Yayasan El Tartil dengan UCare sebagai bentuk kerjasama dan kolaborasi dalam pengelolaan dan penyaluran ZIS. Sehingga El Tartil dapat memperluas jangkauan penghimpunan dan penyaluran. Selain itu merujuk pada Pasal 14 UU Nomer 41 Tahun 2004 bahwasannya El Tartil Sebagai Nazhir telah terdaftar pada Menteri dan Badan Wakaf Indonesia dengan Nomor 3.3.00350. Hal tersebut sebagai bentuk kepatuhan El Tartil Filantropi pada huum Syariah dan Hukum Negara Republik Indonesia dalam pengelolaan dana Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF).

Dalam mewujudkan tujuan mulia sebagai bentuk kepedualian sosial El Tartil Filantropi senantiasa berusaha mengelola dana sosial keislamaan tersebut dengan amanah dan modern.

Maka penerapannya dilakukan 5 langkah penting, yaitu ;
1. ketersedian dan kemudahan akses bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam program El Tartil Filantropi,
2. Membangun dan memfasilitasi sarana prasarana Pendidikan berbasis Al Quran,
3. Menjaga privasi dan tujuan dari kepentingan kelompok,
4. Pendidikan dan edukasi mendalam berkaitan dengan Filantropi Islam,
5. Dan secara aktif membangun jaringan Filantropi dalam hubungan dengan mitra strategis.

Semua ikhtiar tersebut dilakukan untuk mengatasi masalah yang hadir di negeri ini, yang semuanya tidak dapat dilakukan kecuali dengan kita bekerja sama, semua lapisan perlu bergandengan tangan, membangun sinergi dan kolaborasi, dan beraksi bersama mengatasi masalah dengan mendorong dampak pengembangan Pendidikan dengan nilai nilai Al Quran, dan menghapus kesenjangan maupun ketimpangan di negri tercinta ini.

Dengan selogan #PanjangUmurAmal mari bersama El Tartil Filantropi kita berinvestasi untuk kehidupan abadi kita dengan membantu kebutuhan Pendidikan saudara saudari kita.

visi & misi

VISI :
"Berkontribusi nyata dan berperan aktif bersama masyarakat dalam memfasilitasi & mendorong dampak pengembangan Pendidikan dengan nilai nilai Alquran."

MISI :
1. Memberikan akses kepada masyarakat untuk berkontribusi dalam memfasilitasi program pendidikan
2. Membangun dan memfasilitasi yayasan pendidikan berbasis Al – Quran
3. Menjaga prifasi dan tujuan agar tidak menjadi kepentingan kelompok
4. Menyediakan pendidikan dan edukasi yang mendalam berkaitan filantropi islam
5. Membangun secara aktif jaringan filantropi dan melakukan hubungan kepada mitra potensial dan strategis
.

Budaya kerja

  1. AKTIF : Senantiasa aktif melakukan inovasi dan edukasi
  2. TERPERCAYA : Menjalankan dengan professional, transparan dan terpercaya
  3. KOLABORASI : Bahu membahu dengan pihak internal maupun eksternal untuk memajukan Pendidikan Al-Qur’an

VIDEO KEGIATAN